Beberapa Jenis Ikan Air Tawar Dan Asin Ekspor Andalan Indonesia

Indonesia mempunyai lokasi perairan yang memadai luas, lebih dari 1/2 lokasi Negara kami merupakan perairan, baik itu perairan asin ataupun perairan tawar. Hal ini yang menjadikan Indonesia mempunyai kekayaan yang begitu melimpah, baik itu dari hasil laut maupun perairan darat. Nelayan termasuk jadi salah satu profesi yang banyak digeluti oleh rakyat Indonesia tak sekedar sebagai petani.

Budidaya ikan laut adalah suatu kesempatan yg terlampau besar membuat Indonesia. Selain lokasi laut & pesisir yg terlampau luas, Indonesia berada di kawasan beriklim tropis, serta mempunyai jenis ikan laut (& biota nonikan) yg miliki nilai ekonomi tinggi di pasar dunia. Potensi produksi Monokultur meraih 47 juta ton/tahun yg beberapa banyak terdiri dari ikan. Anda juga dapat dengan mudah mendapatkan ikan dari Produsen Ikan Laut

Jenis Ikan Yang Menjadi Andalan Ekspor

Beberapa ikan perlu dari golongan ikan demersal (ikan yg hidup di dekat atau di dasar laut) yg adalah andalan didalam ekspor udah sukses dibudidayakan, antara lain

1. Kerapu Bebek (Cromileptes altivelis)
2. Kerapu Lumpur (Epinephelus suillus, E. coioides)
3. Kerapu Macan (E. fuscoguttatus)
4. Kakap Putih (Lates calcalifer)
5. Kakap Mata Kucing (psammoperca waigeiensis)
6. Kerapu Batik (Epinephelus microdon)
7. Kerapu Sunuk (pletcropomus maculatus, P .leopardus)
8. Napoleon (Cheilinus undulatus)
9. Kerapu Kerang (Epinephelus hemiochus)
10. Klon atau Nemo (Amphiphrion ocellaris)
11. Kuda Laut (Hippocampus kuda)
12. Kakap Merah (Lutjanus johnii ,L .argentimacuslatus, L. sebae).

Saat ini yang udah sukses dibudidayakan secara penuh ialah kuwe macan (Gnathanodon speciosus), kobia (Rachycentron canadum), & bawal bintang (Trachinotus blochi).  Anda juga dapat memesan ikan pada kami

Supplier Ikan Ekspor .Saat ini ikan tuna (Thunnus) yg jadi prioritas ekspor Indonesia sejak lama, hingga kala ini masih didalam step percobaan budi daya, lebih-lebih pembenihan terkontrol.

Spesies ikan ekonomi perlu yg udah dapat di budidayakan tetapi belum penuh, gara-gara produksi benihnya belum dijalankan secara terkendali, antara lain:

1. Bawal Putih (Pampus argenteus/ Stromateus cinereus)
2. Bawal Hitam (Parastromateus niger)
3. Kuwe Biru (Caranx melampygus)
4. Kuwe Putih (C. sexfascistus)
5. Ekor Kuning (Caesio sp )
6. Titang (scatophagus argus)
7. Belanak (Mugil cephalus, M. labiosus)
8. Lencam (letharinus sp)

Budi daya ikan — ikan selanjutnya udah dijalankan secara penuh, gara-gara teknologi budidayanya udah dikuasai mulai dari pembenihan hingga pembesaran. Ikan — ikan lain yg mempunyai pasar yg baik, baik pasar domestik ataupun ekspor, yg udah dibudidayakan secara penuh ialah bandeng (Chanos chanos) & beronang (Siganus). Bandeng mempunyai pasar yg bagus di didalam negeri & berpeluang untuk diekspor namun beronang mempunyai pasar di didalam negeri & diekspor ke {beberapa|sebagian|lebih dari satu} negara tetangga.

Pemanfaatan air tawar di Indonesia tidak hanya diperuntukkan untuk mengkonsumsi atau kehidupan masyarakat saja. Sektor pertanian termasuk menjadikan air tawar sebagai sumber untuk penghidupan tanaman dan berbagai sumber daya alam yang ada, termasuk pula pada untuk budidaya hewan air. Ikan air tawar jadi salah satu sumber protein masyarakat yang memadai diminati. Ikan air tawar termasuk mempunyai cita rasa yang tidak kalah dari ikan air asin atau air payau. Ikan air tawar didalam jumlah besar umumnya dibudidayakan oleh para petani untuk target komersial. Diantara banyaknya ikan air tawar, selanjutnya ini {beberapa|sebagian|lebih dari satu} jenis ikan air tawar yang mempunyai peminat memadai tinggi, dan hasil perairan ini termasuk jadi komoditas ekspor dari Negara kita. Berikut ini {beberapa|sebagian|lebih dari satu} hasil laut unggulan dari Indonesia :

1. Lele

Lele termasuk jadi salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan oleh para pembudidaya di Indonesia. Ikan berkumis ini mempunyai banyak sekali jenisnya. Di Indonesia, ikan ini mempunyai nama yang beragam di setiap daerahnya. Sebagai ikan konsumsi, lele termasuk mempunyai banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Lele tidak hanya dikonsumsi didalam Negeri saja, ikan ini termasuk di ekspor keluar Negeri.

2. Patin

Patin kala ini termasuk jadi salah satu pilihan ikan budidaya petani ikan di Indonesia. Harga dari ikan ini termasuk memadai bagus. Dengan rasa yang termasuk nikmat dan persentase gizi yang melimpah menyebabkan ikan ini termasuk difavoritkan sebagai ikan konsumsi. Indonesia dan beberapa negara di Asia menjadikan ikan ini sebagai komoditas ekspornya.

3. Nila

Nila adalah jenis ikan air tawar yang berasal dari sungai Nil di Afrika. Ikan ini memakan segala (omnivora). Ikan ini memadai ringan untuk dipelihara, hal ini yang menjadikan ikan nila sebagai salah satu jenis ikan budidaya yang banyak dipelihara oleh para petani di Indonesia, dan rasa dari ikan termasuk nikmat. Peminat dari ikan nila termasuk memadai banyak tidak hanya di Indonesia, bahkan termasuk diluar Negeri. Ikan nila jadi salah satu jenis ikan yang jadi komoditas ekspor dari Indonesia.

4. Ikan Mas

Ikan mas adalah jenis ikan air tawar yang tidak kalah familiarnya di masyarakat. Dikenal dengan rasanya yang nikmat, ikan ini jadi salah satu ikan mengkonsumsi yang memadai dikenal tidak hanya di Negara Kita, tetapi termasuk di Dunia. Indonesia termasuk jadi salah satu Negara pengekspor Ikan mas ke Pasar Dunia.

4. Gurame

Gurame termasuk salah satu jenis ikan mengkonsumsi yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini termasuk mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dipasaran. Rasa dari ikan gurame termasuk tidak kalah lezat dengan ikan air tawar lainnya, termasuk ikan air asin. Gurame tidak hanya dibudidayakan untuk mengkonsumsi lokal saja, Ikan ini termasuk jadi salah satu komoditas ekspor andalan dari Negara Indonesia.

Back to Top