Bingung Milih Kuliah Manajemen Apa? Ini Dia Macam-macam Jurusan Manajemen

Bingung Milih Kuliah Manajemen Apa? Ini Dia Macam-macam Jurusan Manajemen

Memilih jurusan Manajemen merupakan pilihan yang tepat yang dipilih oleh calon mahasiswa, selain dari peluang kerja jurusan Manajemen yang begitu luas, jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang memiliki potensi masa depan cerah. ada banyak jurusan Manajemen yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa, seperti:

 Manajemen Bisnis

Sesuai dengan namanya manajemen bisnis tentunya memfokuskan mahasiswanya untuk belajar di dunia bisnis, biasanya jurusan S1 ini diambil oleh mahasiswa yang memang memiliki passion dalam bidang bisnis. Setelah lulus kuliah Manajemen Bisnis biasanya mahasiswa akan menjadi seorang pebisnis atau pengusaha, namun bisa juga menjadi konsultan bisnis di sebuah perusahaan.

Manajemen bisnis merupakan sebuah kegiatan perencanaan, pengelolaan, serta kegiatan operasional sebuah usaha yang tujuannya untuk mencapai kesuksesan dalam melakukan bisnis meski dalam skala kecil sekalipun. Biasanya ada 5 komponen yang harus dimiliki dalam manajemen bisnis, diantaranya Manajemen Keuangan, Manajemen Marketing, Manajemen Produksi, Manajemen Distribusi, dan Manajemen SDM.

Manajemen Keuangan

Setiap perusahaan pasti membutuhkan lulusan dari manajemen keuangan, tidak heran karenanya lulusan dari jurusan Manajemen Keuangan memiliki peluang kerja luas di masa depan. Manajemen Keuangan sendiri memiliki tujuan utama yakni untuk memaksimalkan nilai yang dimiliki sebuah perusahaan atau memberikan nilai tambah untuk aset yang dimiliki oleh pemegang saham.

Manajemen Keuangan sendiri memiliki ruang lingkup yang beragam, mulai dari keputusan pendanaan, keputusan investasi, dan keputusan pengelolaan aset dengan fungsi planning, budgeting, controlling, auditing, dan reporting.

Bagi yang tertarik memilih jurusan Manajemen, ada banyak universitas terbaik yang menyediakan jurusan manajemen bahkan beberapa diantaranya tersedia sistem kuliah blended learning bagi mahasiswa yang sudah sibuk bekerja.

Manajemen Perbankan

Jurusan Manajemen Perbankan memiliki fokus belajar mengenai perbankan, jurusan yang satu ini sangat cocok dipilih oleh mereka yang setelah lulus nanti ingin masuk dunia bank atau bekerja di bank.

Setelah lulus nanti jurusan Manajemen Perbankan diharapkan mampu menjalankan atau mengatasi aktivitas operasional perbankan mulai dari pekerjaan sebagai teller, customer service, karyawan pembukuan, unit giro, tabungan dan deposito, serta produk perbankan lainnya (termasuk pemasaran produk perbankan mulai dari pendanaan ataupun jasa-jasa yang berhubungan).

Manajemen Operasional

Peluang kerja jurusan Manajemen operasional sangat luas, pasalnya bidang operasional merupakan salah satu bidang yang pasti ada di semua perusahaan. Jurusan yang satu ini berfokus pada analisis produk, mulai dari tahap pembuatan hingga pengiriman produk yang dihasilkan oleh perusahaan kepada konsumen. Manajemen Operasional merupakan sebuah usaha yang dilakukan secara maksimal dalam penggunaan berbagai faktor produksi, mulai dari SDM, peralatan, mesin, bahan mentah, dan juga faktor produksi yang diubahnya menjadi beragam produk baik barang maupun jasa.

Selain itu, bagian manajemen operasional di perusahaan biasanya juga melakukan berbagai hal penting lainnya, seperti mengatur skala inventaris, mengatur level proses dari level pengerjaan, mengatur akuisisi bahan baku, mengontrol kualitas, meng-handle material, dan menjaga serta merawat kebijakan.

Manajemen SDM

Ada banyak universitas yang menawarkan kuliah blended learning untuk jurusan manajemen SDM, salah satu jurusan yang khusus mempelajari sumber daya manusia atau human resources. Manajemen sumber daya manusia atau SDM ini merupakan cabang ilmu yang mengatur hubungan dan peranan sumber daya yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif, sehingga menghasilkan tujuan bersama secara maksimal dengan perusahaan yang ditempatinya.

Tujuan dari manajemen SDM tujuan dari manajemen SDM melakukan membuat kebijakan dan pertimbangkan, memberikan dukungan, membantu perusahaan mencapai target atau tujuan, sebagai media komunikasi terbaik, dan membantu menyelesaikan masalah.

Biasanya kajian dari jurusan Manajemen jurusan ini menggabungkan beberapa bidang ilmu, seperti psikologi sosiologi dan bidang ilmu lainnya yang berkaitan. Lulusan dari manajemen sumber daya manusia ini biasanya ditempatkan pada bagian HRD di sebuah perusahaan, karenanya orang yang ditempatkan pada bagian ini merupakan orang yang mampu bersosialisasi dan melakukan komunikasi yang baik dengan pegawai lainnya.

Manajemen Pemasaran

Jurusan ini tentunya fokus dalam mempelajari marketing atau pemasaran, lulusan jurusan ini biasanya menjadi staf marketing di sebuah perusahaan. Manajemen pemasaran merupakan alat untuk menganalisis, merencanakan, menerapkan, serta mengendalikan program yang dirancang oleh perusahaan tersebut yang tidak lain dan tidak bukan tujuan utamanya untuk menghasilkan laba.

Ada beberapa elemen penting dalam konsep pemasaran, seperti market oriented (orientasinya pada keinginan konsumen), penyusutan kegiatan pemasaran secara terpadu, serta pencapaian tingkat kepuasan konsumen.Jurusan manajemen merupakan jurusan yang terkenal menjadi salah satu jurusan favorit dan banyak diminati oleh masyarakat, sehingga tidak heran jika jurusan ini disebut sebagai jurusan pemasaran. Meski dibilang pasaran namun peluang kerja jurusan Manajemen begitu luas sehingga prospek kerjanya di masa depan sudah sangat jelas. Bagaimana? Sudah menentukan masuk jurusan manajemen apa?

Back to Top