Beberapa Cara Yang Bisa Anda Coba Untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Beberapa Cara Yang Bisa Anda Coba Untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah alias hipotensi terjadi ketika jantung memompa darah ke seluruh arteri darah dalam tubuh, hal tersebut mengakibatkan rendahnya kekuatan. Tekanan darah rendah bisa diseababkan karena bebarapa kondisi seperti kehamilan dan hormon yang berubah. Bila anda sering merasakan pusing, mata berkunang-kunang tanpa alasan yang jelas, bisa menjadi tekanan darah rendah.

cara mengatasi tekanan darah rendah

Kondisi seseorang bisa dikatakan menderita tekanan darah rendah kronis adalah bila tekanan darah rendah mereka menurun secara konstan tanpa sebab yang jelas. Menurunnya tekanan darah rendah bisa membuat aliran darah tidak mampu mencapai otak atau mampu tetapi tidak mencukupi, sehingga oksigen yang seharusnya harus dibawa darah ke otak namun tidak sampai atau tidak cukup.

Tekanan darah rendah bisa anda ketahui dengan menggunakan alat yang bernama tensimeter. Alat tersebut dapat digunakan untuk mengukur tekanan darah dan untuk menilai apakah tekanan darah kita normal atau tidak.

Berikut cara mengatasi tekanan darah rendah lewat perubahan gaya hidup :

1. Minum banyak air putih

Mengonsumsi alkohol dapat membantu menurunkan tekanan darah rendah. Apabila anda minum secukupnya bisa mengurangi dehidrasi dan meningkatkan volume darah. Oleh karena itu hindari minum alkohol bila anda mengindap tekanan darah rendah atau hipontensi. Jangan penuhi cairan anda agar tidak dehidrasi dengan minum air outih sebanyak 8 gelas sehari.

2. Perhatikan pola makan anda

Apabila anda ingin terhidar dari tekanan darah rendah cara pertama adalah memperhatikan pola makan anda, dan jika anda ingin terus terhindar dari tekanan darah tersebut maka hal yang perlu dperhatikan yaitu, dengan membatasi makanan yang tinggi karbohidrat seperti, kentang, nasi, pasta dan roti.

3. Jalani pola makan yang sehat

Hal yang mudah untuk mengtasi tekanan darah rendah adalah degan menjalainpola makan yang sehat. Pola makan yang sehat diantaranya yaitu, biji-bijian, buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah dan sayuran bisa mengatasi tekanan darah rendah secara alami antara lain :

  • Semangka – Kandungan yang ada dalam semangka bisa mencapai 92% . kandungan yang banyak dapat membantu menurunkan tekanan darah rendah.
  • Buah Bit – Buah bit juga mampu untuk menurunkan tekanan darah rendah, selin itu juga dapat membantu anda mengontrol tekanan darah rendah.
  • Bayam – Sayuran yang memiliki warna hijau dan mengandung natrium sebesar 4 mg dalam porsi 100 gram, juga mampu untuk mengontrol tekanan darah rendah.

Selain dengan menjalani hal – hal tersebut, ada baiknya anda juga harus rajin – rajin mengecek tekanan darah anda setiap saat. Bila anda tidak punya waktu untuk itu, maka anda bisa membeli alat ukur tekanana darah sendiri di toko alat kesehatan terdekat atau anda bisa juga membeli secara online. Dengan demikian, anda bisa mengecek tekanan darah anda kapan saja.

Back to Top