Fakta Seputar Mesin Genset Diesel

Fakta Seputar Mesin Genset Diesel

Eragenset – Saat pemadaman daya listrik dari PL maka secara otomatis kita memperlukan suplai listrik kedua supaya kegiatan bisa dilakukan seperti biasanya, mungkin tidak begitu masalah bila pemadaman terjadi selama beberapa menit, namun coba bayangkan besarnya kerugian jika lampu padam selama berjam-jam dalam satu hari kerja.

Genset kerapkali dipakai di rumah sakit maupun industry yang memerlukan energy kedua yang handal dan kokoh, begitu pula dengan kawasan pedesaan yang belum mendapatkan bagian penerangan dari PLN, genset menjadi alat penerangan yang sangat dibutuhkan.

Mesin diesel genset terdiri atas beberapa komponen atau aspek, diantaranya adalah:

  1. Generator
  2. Prime mover
  3. Automatic Min Failure/ Automatic Transfer Switch
  4. Panel ACOS
  5. Baterai beserta chargernya
  6. Pengaman untuk peralatan serta perlengkapan untuk melakukan instalasi tenaga

Apa Itu Mesin Diesel?

Mesin diesel merupakan bagian dari mesin dengan proses pembakaran di dalam seringkali kita kenal dengan nama motor bakar, dilihat berdasarkan cara mendapatkan energy termalnya. Untuk dapat membangkitkan energy listrik maka mesin diesel akan dihubungkan pada generator dalam sebauh poros.

Menggunakan mesin genset diesel memberikan banyak keuntungan, karena pada umumnya mesin genset diesel memiliki desain serta instalasi yang sangat sederhana jadi akan sangat membantu para pemula yang tidak memahami persoalan mesin dan listrik sama sekali, peralatan bantunya pun dibuat sesederhana mungkin jangan lupakan pula waktu pembebanan yang relative cepat.

Sedangkan jika bicara mengenai kerugian menggunakan mesin genset diesel, kita akan menemukan beberapa fakta menarik, yaitu:

  1. Mesin genset diesel memiliki bobot yang sangat berat karena diharuskan untuk bisa menahan getaran juga kompresi tinggi
  2. Makin besar daya maka mesin akan makin besar pula dimensinya
  3. Starting di awal cukup berat, karena proses kompresinya yang begitu tinggi sekitar 200 bar
  4. Konsumsi bahan bakar dari mesin genset diesel umumnya menggunakan minyak yang harganya memang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan mesin genset lainnya yang memakai bahan bakar lain seperti batu bara maupun gas.
Back to Top