Fungsi Motherboard

Sebelum kita membahas apa saja fungsi motherboard, sebelumnya sudahkah kalian memahami tentang pengertian motherboard? Jika belum ada baiknya untuk membaca artikel sebelumnya terlebih dahulu agar memahaminya.

fungsi motherboard

Fungsi motherboard sangat diperlukan untuk pengoperasian sistem komputer apa pun. Motherboard adalah komponen perangkat keras utama pada komputer, dan melakukan sejumlah tugas penting. Berikut ini adalah ikhtisar fungsi motherboard.

Hub Komponen

Fungsi utama motherboard adalah untuk berfungsi sebagai dasar di mana komponen komputer dibangun. Motherboard pada dasarnya adalah hub yang menampung sejumlah komponen penting seperti Central Processing Unit (CPU), memori sistem (RAM) dan kartu grafis. Komputer khas dirancang dengan komponen-komponen ini dibangun di atas motherboard.

Sirkuit Komputer

Motherboard adalah papan sirkuit utama komputer, menyandang semua sirkuit dasar dan komponen yang diperlukan agar komputer berfungsi. Ini memiliki jalur listrik yang disebut bus, yang memungkinkan data untuk diteruskan ke komponen komputer yang berbeda serta di antara mereka.

Lalu Lintas Data

Motherboard berfungsi sebagai hub komunikasi untuk semua komponen yang terpasang secara langsung atau tidak langsung. Ia bertanggung jawab untuk mengatur lalu lintas informasi dalam sistem komputer, yang dilakukan dengan menggunakan chipset motherboard. Fungsi chipset motherboard adalah untuk mengarahkan aliran data yang dibutuhkan atau diperoleh komponen komputer.

BIOS

Motherboard memiliki Memori Baca Saja (ROM) bawaan, yang terpisah dari RAM PC dan yang berisi Sistem Input / Output Dasar (BIOS) komputer. Fungsi utama BIOS adalah untuk mengelola proses boot-up saat Anda menghidupkan komputer, dan memuat sistem operasi Anda.

Periferal

Motherboard memungkinkan untuk penggunaan komponen dan perangkat eksternal, yang sangat meningkatkan keserbagunaan sistem komputer. Ini termasuk printer, perangkat keyboard, jack audio, hard drive eksternal dan pengontrol game. Periferal ini dapat dihubungkan ke komputer dengan menancapkannya langsung ke motherboard melalui port eksternal, soket dan konektor, yang dibangun di dalamnya.

Sumber: komputertips.com

Back to Top