Bulb syringe Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Bulb syringe Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Ketika anak Anda terserang flu, Anda harus merasa sedih karena hidungnya sering tersumbat. Dalam kondisi seperti itu, aspirasi ingus dapat membantu mengatasinya. Karena secara umum, Anda akan kesulitan menghisap hidung secara alami. Tetapi beberapa orang mengatakan bahwa bulb syringe untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi ini tidak aman untuk bayi, benarkah? Adakah cara lain yang aman untuk membantu bayi bernafas lebih baik?

Hindra Irawan Satari, SpA (K) dari Rumah Sakit Gandaria, telah mengungkapkan bahwa penggunaan aspirator hidung khusus untuk bayi dalam bentuk pipet plastik fleksibel dengan ujung hisap karet sebenarnya diperbolehkan.

Tetapi sebelum menggunakan nasal aspirator, ada baiknya untuk terlebih dahulu mencairkan lendir bayi sehingga lebih mudah selama aspirasi. Anda dapat menggunakan tetes fisiologis 0,9% NaCl (20 ml).

Bulb syringe untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi berfungsinya untuk melembabkan membran saluran udara bayi, menghaluskan sumbatan hidung dan mengencerkan lendir agar mudah diangkat.

Metode pemberian terdiri dari memasukkan sepotong kecil pipet dan kemudian dengan lembut menyimpannya di hidung bayi. Anda juga dapat membuat larutan NaCl Anda sendiri dengan melarutkan 1/4 sendok teh garam dalam 1/2 cangkir air hangat. Gunakan pipet untuk tiriskan setelah dikeringkan, lalu aspirasi dengan respirator hidung.

Yang juga harus diperhitungkan adalah menjaga kebersihan dan ketepatan penggunaan bulb syringe untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi sehingga hasilnya optimal. Pertama, bersihkan bagian yang akan dimasukkan ke hidung bayi dengan mensterilkan (dengan botol steril) atau kapas alkohol 70%. Tenangkan bayi sebelum menyedot debu sehingga ibu dapat memasukkan alat dengan benar.

Kemudian masukkan perangkat ke hidung bayi, tetapi tidak terlalu dalam. Saat memasukkan alat, Anda harus menekan ujung karet untuk menyedot, kemudian lepaskan perlahan ketika itu di dalam hidung. Lakukan dengan lembut agar hidung bayi tidak teriritasi atau sakit.

Metode lain adalah membuat semacam nebulizer sederhana. Caranya adalah dengan meletakkan minyak kayu putih dalam mangkuk air panas dan menempatkannya di sudut ruangan, terutama di area ruangan yang merupakan area pertukaran udara. Atau baca Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi.

Selain membersihkan udara yang terkontaminasi oleh virus flu, uap panas minyak kayu putih juga akan membantu bayi bernafas dengan bebas.

Back to Top