Inilah Standard Kebersihan Toilet

Inilah Standard Kebersihan Toilet

Freddiewadling.net – Toilet ialah fasilitas sanitasi yang begitu penting buat kehidupan manusia. Toilet yang tidak higienis bisa jadi tempat mengembangnya kuman-kuman pemicu penyakit.

Dikutip dari data Penelitian Kesehatan Basic 2007, sekitar 31,4 % kematian pada balita di Indonesia dikarenakan diare. Diare dikarenakan oleh beberapa bakteri salah satunya E.coli, S.aureus, P.aeruginosa, serta E.hirae.

Toilet yang kotor sangat mungkin jadi tempat berkembang biaknya bakteri-bakteri pemicu diare serta penyakit yang lain.

Menurut Naning Adiwoso, Ketua Umum Asosiasi Toilet Indonesia, toilet mempunyai standard minimum yang perlu dipenuhi supaya memperoleh toilet higienis.

Standard minimum kebersihan toilet yang butuh dilihat yakni bebas dari kotoran ketinggalan, kondisi toilet tetap dalam kondisi kering, ada air bersih untuk basuh serta tisu toilet untuk mengeringkan, ada tempat sampah, tidak ada kerak air pada kloset, wastafel, atau keran air, dan lantai toilet yang bebas dari lumut (tidak licin).

“Salah satunya permasalahan higienitas toilet di Indonesia ialah design toiletnya yang mempunyai banyak titik air, seperti pemakaian ember. Air yang digenangi adalah salah satunya tempat berkumpulnya kuman penyakit serta bisa memengaruhi kesehatan pemakainya,” tutur Naning pada jumpa wartawan Pergerakan Toilet Higienis, Jumat (6/12/2013) di Mango Tree Bistro, Epiwalk, Jakarta Selatan.

Baca juga: Sedot WC Samarinda Profesional

Untuk sampai standard kebersihan toilet, tersebut cara-cara simpel untuk bersihkan toilet supaya kehigienisannya masih terbangun.

1. Sediakan perlengkapan pembersih toilet salah satunya sikat toilet, sikat lantai, sarung tangan karet, serta cairan pembersih toilet.

2. Tuang/semprotkan pembersih toilet ke semua sisi dalam kloset serta antara dalam toilet yang susah dapat dijangkau. Diamkan sisi toilet yang dikasih cairan pembersih beberapa waktu supaya zat dalam pembersih bisa menyerap.

3. Sikat beberapa bagian dari toilet, terpenting kloset sampai betul-betul bersih. Upayakan janganlah tergesa-gesa.

4. Basuh sampai bersih sisi yang telah disikat.

Setelah itu, kebersihan toilet bisa dipertahankan dengan lakukan perawatan dengan teratur serta berkepanjangan. (Wa Ode Rizky Sulaiman)

Back to Top