Keunggulan Beras Basmati bagi Tubuh Kita

Keunggulan Beras Basmati bagi Tubuh Kita

Indonesia ini memang kaya akan berbagai macam tanaman yang tumbuh, salah satunya padi. Ada berbagai macam padi pula yang hidup dipersawahan masyarakat seperti padi dengan nama beras basmati. Berbeda dengan beras lain pada umumnya, beras basmati ini punya kandungan karbohidra tinggi dan sedikit kandungan protein serta lemak.

Sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, beras ini harus selalu ada disetiap rumah untuk persediaan makanannya. Sebenarnya beras yang ujungnya diolah jadi nasi ini dapat digantikan fungsinya dengan bahan lain yang memiliki kandungan sama, namun jika kamu melakukannya, pasti akan merasa ada yang kurang. Ya, hal ini karena budaya makan nasi sebagai makanan pokok sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa diubah.

Kelebihan Beras Basmati

Nah, apakah keunggulan beras basmati ini dibandingkan dengan beras lokal lain pada umumnya seperti padi inpari atau padi sertani? Yuk mari kita simak ulasannya berikut.

Tahukah kamu jika keunggulan beras basmati ini ternyata bisa mencegah risiko kanker? Ya, hal ini dikarenakan kandungan dari beras basmati ini yang mengandung lebih banyak serat daripada beras lain.

Seperti yang telah diteliti oleh para ilmuwan, setiap konsumsi 30 gram serat beras basmati setiap hari, kamu bisa mengurangi risiko kanker sebesar 30% pula dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya. Ada pulan kelebihan lain dari beras basmati yang memiliki kadar glukosa rendah.

Biasanya beras putih selalu mengandung kadar glukosa tinggi. Nah, jadi buat kamu para penderita diabetes bisa mengonsumsi beras basmati untuk makanan pokok menggantikan beras putih.

Selain mengurangi kadar gula dalam darah, kamu bisa meningkatkan kondisi kesehatanmu. Manfaat lain dari konsumsi beras basmati adalah kenyang lebih lama dan mampu melancarkan buang air besar. Hal ini tidak terlepas dari serat yang cukup untuk melancarkan proses pembuangan feses tersebut.

Kandungan serat yang lumayan tinggi juga menjadikan beras ini cocok untuk diet. Sehingga bisa jadi makanan pokok tanpa menyebabkan perut buncit.

Nah itu dia beberapa keunggulan beras basmati yang perlu kamu tahu. Buat kamu yang kepengen punya kondisi kesehatan yang bagus, bisa mulai konsumsi beras basmati secara teratur. Yuk segera coba nikmatnya beras basmati tersebut! Bahkan Raja Salman pun mengakui kelezatan beras ini lho!

Back to Top