Pantai Hits di Malang – Goa Cina

Pantai Hits di Malang – Goa Cina

Pantai Goa Cina merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang terdapat di pesisir selatan dan terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sebenarnya pantai awalnya disebut dengan nama Pantai Rowo Indah. Tetapi karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang Tionghoa yang sedang bertapa di dalam goa yang terdapat di area pantai ini, nama Rowo Indah kalah popular dan dirubah  menjadi Goa Cina yang dipakai sampai sekarang. Tidak ada keterangan resmi pada tahun berapa tragedi tersebut terjadi, tetapi warga yang bertempat tinggal di pesisir pantai mempercayai bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar 20 tahunan silam.

Rute Menuju Pantai Goa Cina

Rute dari Pantai Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan mengarah ke Pantai Goa Cina memerlukan waktu kurang lebih selama  15 menit sebab kedua pantai ini berjarak tak lebih dari 7 km. Aksesnya pun termasuk sangat mudah karena melewati jalur lingkar panti selatan (JLS) dengan aspal yang mulus. Terdapat banyak petunjuk arah dan rambu yang akan memberi petunjuk bagi para pengunjung untuk mengarah ke lokasi. Tetapi Anda musti tetap berhati-hati dikarenakan jalannya berkelok-kelok dan berada di sisi jurang.

Sebelum pengunjung sampai di Pantai Goa Cina, para pengunjung akan melalui jembatan Bajulmati yang bertempatan di atas muara laut tersebut. Jembatan itu mempunyai panjang 80 meter dan lebar 20 meter dengan dua jalur. Arsitekturnya lumayan bagus dengan tiang melengkung di tengah jembatan dengan posisi membujur. Ketinggian tiang sekitar 20 meter. Model jembatan ini khas sekali sehingga berkesan artistik. Jarak satu kilometer ke arah timur dari jembatan itu, ada pintu masuk mengarah ke Pantai Goa Cina. Namun sayang, akses dari JLS mengarah ke Pantai Goa Cina agak susah, selama 500 meter jalanya rusak parah. Jalannya sebenarnya lumayan lebar, namun karena jalan disni masih terbentuk asli dari tanah  yang tidak rata dan banyaknya bebatuan kapur membuat jalan ini menjadi sulit untuk dilewati. Apalagi saat tergenang hujan, jalan menjadi lembek dan licin.

Namun sulitnya medan tersebut sebanding dengan panorama alam yang disajikan Pantai Goa Cina. Lokasi Pantai Goa Cina tidak begitu luas, namun eksistensi tiga pulau yang berada di tengah-tengah pantai menciptakan pandangan lebih indah. Tiga pulau itu ialah Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Di pinggir pantai ini lumayan asri, pephonan berbagai macam jenis laksana pohon cembirit, ketapang, dan pohon jenis tutup berderet rapi di lokasi pinggir pantai. Pohon-pohon ini lumayan meneduhkan pengunjung, lagipula di bibir pantai yang air lautnya lumayan jernih sampai-sampai terlihat batu karangnya. Untuk para pengunjung yang ingin mengunjungi pantai ini para pengunjung bisa menggunakan jasa Travel Malang atau menggunakan travel terdekat

 

Harga Tiket Masuk di Pantai Goa Cina

Untuk masuk ke dalam area Pantai Goa Cina dan merasakan segala keindahannya, anda diwajibkan untuk melakukan pembelian tiket masuk dengan harga Rp 4.000. Selain merasakan pemandangan, ada sejumlah fasilitasyang lumayan memanjakan semua wisatawan. Seperti musholla, toiliet, dan warung makan. Untuk lokasi parkir, satu kendaraan bakal dipungut ongkos Rp 5.000.

Back to Top