TOP 6 UNIVERSITAS DI JEPANG

TOP 6 UNIVERSITAS DI JEPANG

  1. Universitas Kyoto

Universitas Kyoto tersebar di tiga kampus di Yoshida, Uji dan Katsura. Ini adalah salah satu universitas tertua di Jepang dan secara konsisten berperingkat tinggi di Asia. Kyoto memiliki sekitar 22.000 siswa, 10 fakultas, 19 sekolah pascasarjana, 13 lembaga penelitian dan 21 pusat penelitian dan pendidikan. Universitas ini awalnya terdiri dari perguruan tinggi di bidang hukum, kedokteran, surat, dan sains dan teknik. Dalam dua tahun, universitas membuka perpustakaan dan rumah sakit. Kemudian, ia mendirikan fakultas di bidang ekonomi, pertanian dan humaniora dan sekolah pascasarjana pertama diluncurkan pada pertengahan abad ke-20. Lembaga ini telah menghasilkan sejumlah peneliti sukses termasuk 10 pemenang hadiah Nobel, dua peraih medali Fields dan satu pemenang hadiah Gauss.

  1. Universitas Tokyo

Universitas Tokyo menjadi universitas nasional pertama di Jepang ketika didirikan pada tahun 1877. Universitas ini menyediakan kursus lintas spektrum akademik dan saat ini memiliki 10 fakultas, 15 sekolah pascasarjana, 11 lembaga penelitian terafiliasi (termasuk Pusat Penelitian untuk Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lanjut) , 13 pusat universitas, tiga perpustakaan dan dua lembaga untuk studi lanjutan. Siswa diajar di tiga kampus utama di Hongo, Komaba dan Kashiwa tetapi ada fasilitas yang terkait dengan universitas di seluruh Jepang. Universitas memiliki struktur kursus yang sedikit tidak biasa di mana siswa mengikuti pendidikan seni liberal di satu kampus selama dua tahun pertama mereka sebelum pindah ke kampus lain untuk mempelajari jurusan yang mereka pilih. Kampus-kampusnya dekat dengan banyak tempat wisata budaya Tokyo termasuk Yanesen, kota kuil, dan Taman Ueno, dengan museum dan bunga sakura. Kampus-kampus juga memiliki jaringan transportasi yang baik ke pusat ibukota.

  1. Universitas Tohoku

Banyak fasilitas Universitas Tohoku dibangun di sekitar dan di dalam kawasan perang kuno di kota Sendai. Pada tahun 1913, Tohoku menjadi universitas pertama di Jepang yang menerima siswa perempuan setelah pengangkatan presiden pertama, pada tahun 1911, Masataro Sawayanagi, wakil menteri pendidikan. Tohoku juga merupakan universitas pertama di Jepang yang menerima mahasiswa asing. Pada tahun 2009, Universitas Tohoku adalah salah satu dari 13 universitas yang dipilih oleh pemerintah Jepang untuk berkontribusi menyediakan pendidikan tinggi di tingkat internasional, dan universitas memperkenalkan serangkaian program gelar yang sebagian besar diajarkan dalam bahasa Inggris.

  1. Universitas Kyushu

Universitas Kyushu telah naik satu tempat tahun ini, dari nomor lima tahun lalu ke nomor empat tahun ini. Universitas ini memiliki mahasiswa internasional dari seluruh dunia. Jumlah siswa asing terus meningkat dari tahun ke tahun. Ada 7,5 juta item di Museum Universitas Kyushu termasuk dokumen, artefak arkeologi dan koleksi serangga lebih dari 4 juta spesimen.

  1. Universitas Hokkaido

Universitas Hokkaido didirikan pada tahun 1876 dan terletak di Sapporo, Hokkaido. Ini adalah anggota dari Universitas Imperial, yang didirikan untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi atau penelitian terbaik bangsa. Ada 14 fakultas dan 22 sekolah pascasarjana. Universitas ini juga menawarkan program pascasarjana Bahasa Inggris di bidang pertanian, ilmu kimia dan teknik, teknik, ilmu lingkungan, ilmu kehidupan, ilmu pengetahuan dan kedokteran hewan. Universitas ini memiliki dua kampus di Jepang – di Sapporo dan Hakodate – dan kantor di luar negeri di Seoul, Helsinki, Beijing, Lusaka, Bandung, Kota Quezon dan Kamphaeng Saen.

  1. Universitas Nagoya

Universitas Nagoya terletak di Chikusa-ku, Nagoya. Mayoritas siswa berasal dari wilayah Tokai tetapi sebagian besar siswa datang dari seluruh Jepang. Ada juga lebih dari 1.300 siswa internasional dari 78 negara. Universitas adalah salah satu yang paling selektif di Jepang dan ujian masuknya dianggap salah satu yang paling sulit.

Untuk informasi terkait lainnya silahkan kunjungi beasiswa ke luar negeri untuk mahasiswa S1 dan beasiswa kuliah S2 dalam negeri

Back to Top